Liburan Hemat Murah tapi Asyik di Bali… Part 1

Posted by ficomaulana on March 18, 2009  |   6 Comments »


Kali ini saya ingin cerita soal pengalaman liburan saya di akhir januari lalu. Setelah menikah pada tanggal 17 januari 2009, saya dan istri memutuskan untuk liburan–kalau kata orang sih honeymoon– hehe.. tapi kalau menurut saya dan istri sih ini hanya liburan biasa saja.. Soalnya sudah komitmen kami untuk menikmati liburan dengan cara yang sederhana saja..
Tujuan yang kami pilih adalah Bali, pulau dewata. Perlu saya jelaskan di awal bahwa saya dan istri saya belum pernah ke Bali sama sekali sebelumnya. Informasi yang saya dapatkan semuanya melalui Mbah google, milis backpacker, dan beberapa blog rekan rekan yang membahas tentang liburan ke Bali. Nah, karena saya sangat terbantu dengan adanya cerita tentang bali dari rekan rekan di Internet, saya ingin memberikan pengalaman saya kembali kepada jagad maya. Siapa tau posting saya ini bermanfaat untuk calon pelancong ke Bali.. Pay it forward.. begitu bahasa kerennya..
Selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah kami memutuskan bahwa liburan ke Bali kali ini dijalankan dengan biaya yang sehemat mungkin. Biaya yang kami maksud disini adalah biaya untuk akomodasi, penginapan dan transportasi. Tapi kalau untuk wisata kuliner, tidak ada batasan biaya yang kami tetapkan. Lha iya, wong namanya makan..jangan ditawar dong hehe… Prinsipnya adalah liburan hemat, murah, tapi tetap asyikk..asyik makan maksudnya :P . Lalu kami juga menetapkan dalam bahwa dalam perjalanan, kita tidak akan terburu buru untuk pindah tempat, artinya kami akan menikmati dengan santai liburan kami. Tidak ada jadwal perjalanan yang kaku, semuanya akan kami biarkan mengalir sendiri ..ciee…..So, efeknya tempat yang kami kunjungi dalam satu hari memang tidak terlalu banyak.. Oke biar ngga penasaran berikut cerita lengkapnya..

Day 1. – Pesawat Jakarta – Bali – Penginapan – Poppies 2- Kuta
Hari pertama berangkat. Pesawat yang kami pilih adalah Mandala Airlines, Saya memilih mandala karena dari berita yang saya baca armada mereka airbus 320 yang terbaru. Jadi pengen nyobain dan membuktikan kebenaran dari iklan mereka. Kebetulan saya memang telah booking dari awal Januari, sewaktu ada promo hehe.. harga yang saya dapat pun lumayan murah. 1,2 juta untuk PP dua orang.. jadi sekali jalan cuma 300 ribu an doang.. hemat yang pertama nih. Pesawatnya pun ternyata memang bagus dan ciamik. Penerbangan pun mulus dan nyaman. Sekita Pukul 13.00 kami tiba di Bandara Ngurah Rai Bali.
Keluar dari Bandara, karena memang kami tidak menggunakan jasa travel agent, jadi praktis tidak ada yang menjemput. padahal saya dan istri baru pertama kali di Bali, modal yang kami bawa hanya peta di tangan dan beberapa informasi yang saya kumpulkan dari internet. kaget juga liat bandara nya yang kecil banget.. masih gedean bandara di palembang..Alhasil karena buta medan lokasi, semua brosur yang ada di bandara langsung kami sambar. Terutama yang ada gambar gambar peta nya .. simpan pasti berguna suatu waktu.. hihi.
Setelah selesai dengan urusan bagasi, .. eh, oya, pesan saya bawa barang jangan banyak banyak yaa.. dan gunakan tas ransel..susaah soalnya kalau bawa bawa koper mau gaya hemat.. hehe. Saya dan istri jalan kaki sampai keluar komplek bandara, tidak terlalu jauh kok. kemudian tunggu taksi blue bird deh. Konon katanya kalau taksi yang di bandara argonya argo kuda.. ngos ngosan kita kalau naek taksi tersebut.hihi.. Well, kalau mau lebih hemat lagi bisa juga sih nungguin angkutan umum yang ada dibali. modelnya isuzu elf gitu, katanya 2000 rupiah doang sampai kuta. Tapi saya lebih memilih naek Blue bird mengingat istri biar lebih cepat.
Setelah dapat taksi, dengan pede nya saya bilang ke supir taksi “Bang, keRonta Bongalow, Gang Ronta di Poppies 2″ .. cieee.. padahal saya ngga ngerti tuh dimana hihii.. iniHasil browsing blok kang iman.. thanks ya kang…
Dalam perjalanan kami melewati beberapa daerah seperti jl tuban, kuta square dan pantai kuta …..oooo ini toh kuta.. dalam hati saya.. (norak abis.. :P ) kemudian taksi berbelok ke gang poppies 2, gang yang amat terkenal itu.. tempat katanya bule bule berseliweran.. serasa di luar negeri kalau di poppiess. dan ternyata memang benar adanya..
Singkat kata, kami tiba di Ronta bungalow, setelah liat kamarnya.. lumayan memang.. walaupun fasilitas hanya kasur dan kipas angin, tapi lingkungannya bersih, penuh tanaman… jadi bener bener asri. istri saya pun tidak keberatan di penginapan tersebut. Pas tanya harga .. Kang nYoman si penjaga bilang..80.000 rupiah per hari.. tidak bisa ditawar, dapat breakfast roti tiap pagi.. Langsung saya jawab deal untuk 65 hari.. Total .Rp.480.000. biaya kami untuk penginapan.

Setelah istirahat sebentar di sore hari kami berjalan kaki sepanjang gang poppies 2, sambil memperhatikan suasana dan belanja beberapa barang wajib yang harus ada di bali..terutama jika ingin keliling bali dengan mengendarai sepeda motor.. yaitu baju panjang, kacamata dan saputangan untuk nutup muka kalau lagi naek motor. soalnya matahari bali panas dan bisa membuat kulit terbakar.. ini juga hasil riset di google. hehe… nah pas di depan gang poppies 2, banyak banget tukang rental motor, setelah tanya tanya, saya deal dengan Kang Nyoman (nyoman kedua nih) untuk sewa Mio 6 hari, 250 ribu. pasarannya sih memang segitu katanya.. Deal lagi.. biaya transportasi untuk 6 hari …

Selanjutnya kami keliling daerah seputaran kuta, legian, kuta square dan daerah sekitar kuta… buat ngapalin jalan utama dan jalan tikus.. soalnya banyak jalan satu arah di bali.. Mendekati jam 5 sore kami memarkir Mio di Pantai Kuta.. menunggu sunset… Saya bergumam memang pantai kuta cukup indah..

berikut beberapa foto kami di hari pertama. Oya, semua foto diambil dari kamera Hanphone LG Viewty saya.. ternyata pilhan saya tidak salah lho..(hihi iklan dikit) .. silahkann…





Tags: , , , , ,

6 Responses to “Liburan Hemat Murah tapi Asyik di Bali… Part 1”
  1. Alingga Smile says:

    wah mantap juga nih…hehehehe
    coba ah…

    [Reply]

  2. muhammad says:

    wah,,rencana kami juga gt mas,,mau k bali hanymoon
    tp belum pernah k bali,,rencana sih awal bln maret thn depan

    [Reply]

  3. eko medan says:

    mas… aku share ya blognya.. biar kawan2 pada baca…

    [Reply]

  4. inten tirksari says:

    Halo pak mau sedikit tanya,

    sewaktu keluar dari bandara ngurah rai, apakah untuk mendapatkan taxi bluebird itu mudah?? pengalaman yang lalu – lalu, saya tidak melihat taxi bluebird di area bandara.

    terima kasih sebelumnya

    Inten tirkasari

    nb : kalo boleh jawabannya kirim ke email… ;)

    [Reply]

  5. yudi says:

    480ribu untuk 65hari mantappppp…mas…..boleh jg tuh….

    [Reply]

  6. mr.agah says:

    akhir2 ini bali sedang musim hujan dan angin lho…

    NB : Jika anda sedang liburan ke Bali, dan mencari toko kue di Bali maka Soes Merdeka merupakan pilihan yang tepat karena Soes Merdeka memadukan resep tradisional dan proses pengolahannya menggunakan mesin-mesin modern.

    Dengan dukungan sumber daya manusia yang handal, Soes Merdeka sebagai toko roti di Bali dapat memproduksi snack box hingga 1000 pcs perhari-nya.

    Selain memproduksi kue Soes (kue khas bandung legendaris) yang masih menjadi primadona, Soes Merdeka juga memproduksi lebih dari 200 macam kue lainnya. Jadi boleh dikatakan Soes Merdeka merupakan salah satu bakery di Bali yang memiliki varian produk terbanyak.

    [Reply]


Leave a Reply