Keajaiban Memberi dan Menolong Sesama

Posted by ficomaulana on September 26, 2009  |   6 Comments »

berbagi

Sebuah kisah nyata tentang keajaiban memberi saya baca disebuah buku lama pagi ini. Kembali merenungkan berbagai hikmah dan manfaat bersedekah. Terngiang kutipan dialog dalam film Laskar Pelangi.” Hidup ini banyak banyaklah memberi, bukan menerima.”

Pada suatu hari, seorang petani Skotlandia yang hidup miskin mendengar tangisan seorang anak kecil yang terperosok ke dalam lumpur. Sang anak masuk kedalam lumpur yang amat berbahaya. Sang petani tersebut bernama Fleming, ia dengan cepat membantu si anak kecil keluar dari lumpur tersebut. Anak itu pun selamat dan dapat kembali ke rumahnya.

Keesokan harinya, ayah dari sang anak yang diselamatkan oleh Fleming datang kerumahnya. Sang Ayah ini mengucapkan terima kasih kepada Fleming. Kebetulan ia salah satu orang kaya. Ia menawarkan apa saja yang diinginkan oleh FLeming sebagai ucapan terima kasih atas jasa fleming menyelamatkan anaknya. Namun Fleming dengan rendah hati menolaknya, karena ia melakukan hal tersebut dengan sukarela.

Namun sang ayah dari anak yang diselamatkan ini mengajukan satu permintaan. Karena ia melihat ternyata Fleming juga memiliki seorang anak. Ia melihat kondisi rumah Fleming yang kecil dan kehidupannya yang miskin, pastilah Fleming tidak mampu membiayai sekolah anaknya hingga level universitas. Maka Orang kaya ini menawarkan akan membiayai sekolah anak Fleming hingga level universitas.

Tahun demi tahun berlalu, Anak Fleming kemudian dimasukkan ke universitas terbaik saat itu, yaitu St. Marys Hospital Medical School di London. Syukurnya anak fleming juga tidak menyia nyiakan kesempatan yang diberikan orang kaya tersebut.

Anak Fleming belajar dengan tekun dan menjadi sangat terkenal. Ia menemukan sebuah obat yang bernama Penicilin. Anak Fleming ini bernama Sir Alexander Fleming.

Bertahun tahun kemudian, anak si orang kaya yang membiayai kuliah fleming terserang pneumonia. Saat itu , tahukah anda satu satunya obat yang mampu menyelamatkan sang anak adalah Penicilin. Ya penicilin yang ditemukan oleh alexander fleming. Nama anak orang kaya tersebut adalah Sir Winston Churchill.

Kisah nyata ini kembali meneguhkan keajaiban memberi. Setiap perbuatan baik akan mengembalikan perbuatan baik yang lebih besar kepada kita.

“Sometimes our light goes out, but is blown into flame by another human being. Each of us owes thanks to those who have rekindled this light”

“Sharing is Caring” – Ku

Tags: ,

6 Responses to “Keajaiban Memberi dan Menolong Sesama”
  1. Fickry says:

    inget film payback..
    kalo berbuat kebaikan.. pasti dia akan kembali lagi pada kita entah dari mana datangnya. :D

    [Reply]

  2. ferry koto says:

    Pak Fico,..
    Insyal Allah waktu dekat saya dan beberapa teman akan mendirikan lembaga yang sesuai dgn idea tulisan bapak di atas……… lembaga yang memberi “tidak berharap” kembali (untung)…. mau mendukung?

    [Reply]

  3. ficomaulana says:

    @ pak ferry, selama diberi kesempatan oleh Yang Kuasa. insya allah bisa dukung dukung..:)

    [Reply]

  4. jimmy says:

    setuju.. seperti yang banyak ditulis di buku2 pengembangan diri saat ini, kita harus memberi dulu baru menerima, jangan maunya nerima dulu baru memberi :D tapi kayanya mental orang2 kebanyakan masih pengennya nerima terus ya pak..

    [Reply]

  5. Iklan Gratis says:

    Menanam baik maka akan memetik hasil yang baik pula. itu sudah menjadi aturannya. subhanallah ya, ceritanya bisa seperti itu, tepat sekali.
    saling memberi dan menolong memang sangat bermanfaat.
    Iklan Gratis

    [Reply]

  6. Teo says:

    pohon yang baek akan menghasilkan buah yang baek terkecuali buah itu di tanam pada tempat yang salah

    [Reply]


Leave a Reply